Beton Cor

Perbedaan Beton Biasa dengan Beton Ready Mix

perbedaan beton biasa dengan beton ready mix

Apa Saja Perbedaan Biasa dengan Beton Ready Mix

Perbedaan beton biasa dengan beton ready mix bisa dilihat dari proses pembuatan nya dan fungsi keduanya. Akan tetapi secara umum keduanya dari bahan yang sama. Dalam istilah dunia teknik sipil bahan bahan tersebut sudah menjadi makanan sehari-hari. Namun bagi Anda, yang masih awam tentu perlu melihat dan membaca dari berbagai referensi.

Beton adalah beton adalah bahan bangunan komposit yang terbuat dari beberapa kombinasi pengikat semen dengan pasir, kerikil dan semisalnya. Secara umum beton adalah hasil campuran antara pasir, kerikil, semen dan air yang telah mengering dan mengeras.

Sebuah gedung dapat berdiri tinggi, tidak lepas dari peran beton yang menjadi bahan bakunya. Begitu pula sepanjang apapun tol yang dibangun, beton adalah bahan utamanya. Mengingat akhir akhir ini hampir setiap daerah dibangun jalan tol.

Sesuai dengan semboyan Presiden Jokowi, pembangunan infrastruktur menjadi program yang paling digalakkan pada periode nya. Hampir setiap infrastruktur selalu membutuhkan bahan beton sebagai salah satu bahan yang digunakan nya.

Selain jalan tol dan gedung pencakar langit, infrastruktur yang sedang digalakkan lainya adalah bandar udara, juga pelabuhan. Kemudian dari sektor lain ada pembangunan fly over, under pass, rumah susun, bendungan, waduk, dan sejumlah pembangkit listrik

Dalam proses perkembangan zaman, bahan beton pun juga mengalami upgrade atau pembaruan. Hal ini mengingat kebutuhan penggunaan beton juga semakin meningkat. Salah satu perkembangannya adalah hadirnya beton ready mix

Mengenal Perbedaan Beton Biasa dengan Beton Ready Mix, Sifat, Serta Fungsinya

Beton mempunyai sejarah panjang hingga kini menjadi bahan pokok dalam sebuah bangunan maupun infrastruktur modern. Dimulai dari zaman yunani pada abad 19, beton telah mulai digunakan untuk keperluan bangunan konstruksi.

Hingga kini muncul jenis beton ready mix yang merupakan pengembangan dari beton biasa. Berikut beberapa indikator yang membedakan keduanya.

Dari Segi Kualitas

Salah satu perbedaan beton biasa dengan beton ready mix adalah dari segi kualitas. Hal ini bisa dinilai melalui proses pembuatan dan beton yang dihasilkan. Keunggulan beton ready mix adalah sebelum masuk ke tahap produksi, bahan material memang sudah pilihan. Bahkan harus melalui tes di laboratorium material yang bisa memastikan kualitas dan kadar keaslian nya.

Kemudian ketika masuk ke tahap penakaran, beton ready mix di takar dengan mesin modern sehingga hasilnya lebih tepat sesuai kebutuhan. Kelebihan lainnya adalah proses pembuatan beton ready mix dikerjakan langsung oleh ahli di bidangnya, sehingga kemungkinan keluar dari garis kualitas sangat kecil.

Hal ini tentu berbeda dengan pekerjaan beton manual yang cenderung ala kadarnya dengan perkiraan dan perkiraan pekerja. Kualitas yang dihasilkan pun tidak sekelas dengan beton ready mix. Kelebihan beton manual bisa dibilang lebih ekonomis bila dibandingkan ready mix.

Dari Segi Harga dan Biaya

Harga beton ready mix tentu memakan biaya yang lebih daripada manual, karena mutu yang dihasilkan pun juga tinggi. Akan tetapi perbedaan nya tidak terlalu besar, tergantung kuantitas kebutuhan Anda.

Baca Juga : Harga Ready Mix Jakarta

Apabila Anda membutuhkan beton dengan jumlah lebih dari 10 kubik, tentu beton ready mix akan lebih mudah dan praktis. Akan tetapi kebutuhan Anda cuma kurang dari 1 kubik, tentu memerlukan biaya operasional yang tidak sedikit.

Dari Sisi Proses

Apabila beton manual semuanya melalui cara yang manual, berbeda dengan ready mix. membeli material, menyewa molen, menyusun dan mencampur bahan kemudian baru dicetak. Berbeda dengan ready mix yang tinggal Anda panggil, akan datang dengan segera, Tanpa merepotkan Anda.

Kegunaan Beton Ready Mix

Beton ini bisa diterapkan pada beberapa bidang diantaranya adalah pada pembangunan jalan, bahan bangunan dengan besi. Selain itu bisa juga di kombinasikan dengan baja yang bisa menghasilkan kekuatan dan daya tarik yang tinggi.

Sifat Beton

Secara umum, sifat beton adalah memiliki daya tekan yang kuat namun memiliki daya tarik yang lemah. Kemudian beton juga mempunyai sifat yang tahan terhadap suhu dan kondisi alam. Adapun sifat beton dapat dipengaruhi oleh beberapa hal seperti kualitas bahan, perawatan umur dan bentuk.

Sebenarnya, perbedaan beton biasa dengan beton ready mix cukup jelas. Kualitas lah yang membedakan keduanya. Bagi yang sempat bimbang dalam menentukan pilihan ini, ulasan tersebut diatas, dapat memberikan gambaran untuk kebutuhan untuk bangunan Anda.