MEMAHAMI MUTU BETON

MEMAHAMI MUTU BETON KARAKTERISTIK KG/CM²

MEMAHAMI MUTU BETON KARAKTERISTIK KG/CM²

MEMAHAMI MUTU BETON KARAKTERISTIK KG/CM² – Beton merupakan suatu bagian dari kontruksi yang terbuat dari campuran semen, air, agregat (kasar dan halus), dan bahan campuran lain bila diperlukan, sehingga mutu dan kualitas beton akan berbeda satu sama lain tergantung pada kondisi material pembentuknya serta proses pembuatannya. Untuk itu kualitas bahan serta proses pelaksanaannya harus dikendalikan agar tercapai hasil yang optimal.

Kuat beton Karakteristik adalah kuat tekan beton yang diperoleh dari hasil pemeriksaan sejumlah besar benda uji., dimana kemungkinan adanya kuat tekan yang diperoleh dibawah nilai kuat tekan beton karakteristik terbatas sampai 5% saja. Dengan adanya kemungkinan didapat kuat tekan beton karakteristik ini, maka menghasilkan koefisien penyesuaian “k” sebesar 1,64, sehingga kuat tekan beton karakteristik dapat dinyatakan dalam bentuk ”

memahami mutu beton

memahami mutu beton

Kubus (K)

175 kg/cm²

225 kg/cm²

275 kg/cm²

300 kg/cm²

350 kg/cm²

400 kg/cm²

 

Contoh K-300 memiliki pengertian adalah kekuatan tekan beton setiap cm persegi memiliki kekuatan menahan beban sebesar 300 kg/cm2  dengan menggunakan benda uji kubus 15 x 15 x 15 cm.

K-300 (kg/cm2) —> MPa. Dengan mengalikan 0,098 ==> fck = 300 x 0,098 = 29,4 MPa

(1 kg/cm² = 0,098 MPa)

 

Keterangan:

Satuan Ton adalah satuan untuk pembebanan (gaya) yang diartikan 1 ton = 1000 kilogram

Sedangkan MPa (Mega Pascal) adalah satuan untuk tekan yang definisinya adalah gaya dibagi satuan luas, yang dalam hal ini adalah 1 MPa = 1 N dibagi 1 MM² (N/MM²)

 

Demikain sedikit info tentang MEMAHAMI MUTU BETON KARAKTERISTIK KG/CM² dari NUANSA BETON, mudah-mudahan bermanfaat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *